Perusahaan adalah
tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi.
Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak.
Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha
untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut
yang terdaftar di pemerintah secara resmi.
Dalam memajukan atau
mensukseskan suatu perusahaan perlu diperhatikan beberapa hal. Yaitu, dimulai
dari segi pemimpin perusahaan, karyawan, etika kerja dan budaya organisasi yang
saling mempengaruhi.
Dari segi pemimpin, suatu
perusahaan harus mempunyai pemimpin yang punya karakteristik kepemimpinan. Dengan
adanya karakteristik kepemimpinan itu seseorang dapat mempengarui orang lain,
karakteristik ini akan efektif jika ada interaksi antara karakter pribadi dan
situasi.
- Menurut Contingen Theory dikembangkan oleh Fred Fields
(Fiedl. 78)
Bicara
tentang efektifitas leadership yang dipengaruhi oleh interaksi antara
karakteristik seorang leader dan situasi dan mampu mengontrol situasi. Terdapat
tiga faktor yang mempengaruhi ke efektifitasan :
1.
Interaksi leader dan follower
2.
Struktur penugasan
3.
Otoritas
- Path
– Goal Theory (lebih focus kepada perilaku seorang leader untuk
mengoptimalkan bawahannya untuk mencapai suatu tujuan).
Ada empat gaya kepemimpinan yang mendorong bawahannya agar
mencapai tujuan:
1. Directif leadership (menunjukan apa yang harus dilakukan atau
tidak, menunjukan arah).
2. Suportif (mendukung), bawahan melakukan kemauan sendiri untuk
mencapai goal.
3. Partisipasi Leadership (bawahan diajak diskusi dalam mengambil
suatu keputusan) sama – sama berfikir.
4. Achievment Oriented Leadership (leader menentukan target pada
karyawan).
Diantara keempat gaya kepemimpinan ini tidak ada benar dan tidak
ada yang salah, semua hanya tergantung pada situasi.
- Leader
– member exchange theory (Grean dkk, 75)
Bagaimana interaksi antara leader dan memberi mempengaruhi proses
kepemimpinan (harus rukun). Contohnya : supervisor dengan bawahan hubungannya
terjalin dengan baik. Dengan theory ini bawahan menjadi berguna (diberdayakan).
- Implict
Leadership
Seorang good leader, dapat atau mau mengubah cara kepemimpinannya
sesuai situasi. Akan tetapi anggapan good leader itu tergantung dari persepsi
bawahannya.
selain itu
ada beberapa gaya kepemimpinan yang dapat mempengaruhi kemajuan atau kesuksesan
perusahan.
1) Otoriter vs Demokratis
Pada otoriter kekuasaan di pegang penuh oleh leader (baik
keputasan atau situasi). Sementara, pada demokratis bukan hanya leader yang
membuat keputusan tapi bawahan dapat berpartisipasi.
2) Transaksional vs Transformasi
Pada transaksional gaya pemimpinannya leader menentukan target
pada karyawan, leader juga menujukan arah seperti apa yang harus dilakukan dan
yang tidak. Tetapi tetap ada feedback. Sementara transformasi, leader
menginspirasi bawahannya, menciptakan suasan yang nyaman
3) Pemimpin Karismatik
Memiliki pribadi yang kuat (bukan berarti dominan), seseorang yang
punya karisma dan pemimpin yang memiliki visi yang jelas.
Dari segi
karyawan, agar perusahaan dapat mensukseskan perusahaan harus ada motivasi
dalam bekerja, kejujuran, kesetiaan pada perusahaan,aktif,mampu memberi ide –
ide atau pendapat dalam musyawarah pengambilan keputusan. Selain itu karyawan
yang tidak dalam keadaan stress lebih dapat bekerja optimal, lalu perusahaan
juga harus memperhatikan tunjangan – tunjangan terhadap kehidupan karyawan
karena bagaimana pun karyawan atau bawahan adalah manusi. Dengan dipenuhi seluruh
haknya dengan adil besar kemungkinan karyawan akan melaksanakan kewajibannya
dengan maksimal dan akan membawa perusahaan itu kearah yang lebih bagus bahkan
dapat mencapai tujuan.
Budaya
Organisasi adalah bagaimana seseorang dalam berorganisasi berbagai nilai hidup,
keyakinan dan tradisi. Secara umum, budaya organisasi ialah cara berfikir
inovatif dari para anggota organisasi yang membedakan anggota organisasi A dan
anggota organisasi B. Budaya organisasi tersebut dibentuk oleh anggota
organisasi.
Etika di
tempat Kerja. Pada dasarnya etika kerja itu tergantung budaya organisasi dalam
perusahaan tersebut. Mampu kah para anggota baik leader atau karyawan menaati
peraturan yang sudah dibuat sehingga ada aturan baku yang tidak bisa dilanggar.
CARA AGAR
PERUSAHAAN LEBIH TERKENAL
Cara paling
ampuh pada saat ini dalam hal promosi adalah internet. Dengan internet kita
dapat memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat luas. Beberapa contoh fungsi
internet dapat membuat perusahaan terkenal.
- Membuat
Fans Page Facebook
Selain untuk berpromosi tentang produk atau jasa yang ditawarkan
perusahan, dapat memperkenalkan perusahaan. Tampilkan segala kelebihan dan Keuntungan
yang terdapat dalam perusahaan.
- Blog
Melalui blog kita dapat pula mempromosikan perusahan atau produk
kita. Kita punya halaman sendiri sehingga dapat memberi informasi yang begitu
luas tentang perusahaan.
- Memanfaatkan
Media Iklan di Internet
Iklan PPC, adalah sebuah jenis iklan di mana perusahaan hanya akan
membayar untuk setiap klik yang terjadi pada iklan yang dipasang. Contoh iklan
PPC ini misalnya iklan di Google Adwords, iklan di Facebook, dan banyak lagi
berbagai layanan iklan PPC lainnya.
Iklan dalam bentuk video, media video juga bisa dijadikan sebagai
sarana beriklan. Anda bisa coba buat video promosi, lalu sebarkan video
tersebut di Youtube, maka nanti akan semakin banyak orang yang tahu mengenai
produk tersebut.
- Logo
Dengan membuat suatu logo perusahaan itu akan mudah diingat oleh
masyarakat luas. Logo yang menarik akan mudah diingat dan disukai.
sumber :
http://jefferlysuperclub.com/cara-cara-super-menjadikan-perusahaan-anda-dikenal-lewat-internet/
sumber :
http://jefferlysuperclub.com/cara-cara-super-menjadikan-perusahaan-anda-dikenal-lewat-internet/