Kamis, 21 November 2013

Jaringan


JARINGAN


Dalam mengakses internet baik di komputer, notebook atau di handphone. Kita pasti membutuhkan suatu penghubung, nah penghubung itu kita sebut Jaringan. Dimana jaringan ini menggunakan sinyal analog, jaringan yang telah ada banyak sekali. Disini kita akan membahas jaringan GPRS , EDGE DAN 3G.

GPRS

GPRS adalah singkatan dari General Packet Radio Service. Sebuah jaringan yang akan memudahkan pengguna teknologi untuk mengirimkan atau mentransfer data dalam bentuk paket. GPRS disebut juga teknologi 2.5G merupakan evolusi dari teknologi 1G dan 2G. GPRS pertama kali muncul sekitar tahun 2001 yang dipromosikan oleh IM3. GPRS merupakan teknologi  yang mempunyai laju bit yang lebih tinggi dengan tarif yang rendah. GPRS  menjanjukan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps. Hal ini memungkin pengguna mengakses internet, pengiriman data multimedia ke komputer, notebook dan handheld computer. Tapi kecepatan itu tergantung dari faktor-faktor seperti konfugurasi dan alokasi time slot pada level BTS, software yang digunakan dan dukungan fitur dan aplikasi ponsel yang digunakan.

EDGE

EDGE atau Enhanced Data rates for GSM Evolution adalah teknologi evolusi dari GSM dan IS-136 untuk meningkatakan kecepatan transmisi data, egisiensi spektrum dan memungkinnya penggunaan aplikasi-aplikasi baru serta meningkatan kapasitas. Jaringan ini juga disebut teknologi 2.75G dan diperkenalkan sekitar tahun 2003. Kecepatan pada EDGE lebih baik dibandingkan gprs yaitu kecepatan datanya sebesar 384 kbps dan secara teori dapat mencakpai 473,6 kbps. Kecepatan data pada EDGE tiga kali lebih besar dari GPRS.

3G

3G atau biasa disebut UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service) adalah perkembangan dari EDGE. 3G ini dperkenlakan pada tahun 2001 di jepang. Sebelum 3G ada para pendahulunya seperti 1G DAN 2G. “G” disini maksudnya adalah generasi dari teknologi layanan data dan komunikasi wireless. Khususnya untuk mobile phone. Karena mengalami perkembangan maka semakin besar angkanya semakin canggih teknologinya dan semakin banyak kemudahan yang didapat. 3G sendiri memiliki kapasitas pengeriman dan penerimaan lebih besar dan lebih cepat. Bahkan 3G dapat melakukan video call. Teknologi 3G sering juga disebut dengan mobile broadband karena keunggulannya sebagai modem untuk internet yang bersifat portable. 3G memiliki kecepatan transfer data minimum 2Mbps pada pengguna yang dalam posisi diam atau berjalan kaki dan 384 kbps pada pengguna yang berada di dalam kendaraan

HSDPA


HSDPA singkatan dari High-Speed Downlink Packet Access.HSDPA ada sekitar tahun 2006 di Eropa. HDSPA memiliki kecapatan maksimal 3.6 Mbps. Hingga saat ini perangkata yang menggunakan jaringan HSDPAmemiliki kecepatan akses data hingga 7.2 Mbps. HSDPA merupakan salah satu protokol yang memperbaiki proses downlink atau penurunan dadta dari server ke perangkat (unduh). Dengan kecepatan yang dimiliki oelh HSDPA pengguna perangkat dapat menerima data yang berukuran besar seperti lampiran pada e-mail, presentasi dalam bentuk power point atau membuka halaman web.

http://aniandriani.wordpress.com/
carinriyanti.blogspot.com
amaliiaasma@blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar